Selasa, 04 Januari 2011

Penyakit Mata menurut Kitab Suci

Menurut Kitab Suci, ada beberapa penyebab sakit mata.
1. Mengeluh karena keinginan yang ditolak Tuhan bisa membuat cahaya mata kita hilang.
Mazmur 38:10 Tuhan, Engkau mengetahui segala keinginanku, dan keluhkupun tidak tersembunyi bagi-Mu; 11 jantungku berdebar-debar, kekuatanku hilang, dan cahaya matakupun lenyap dari padaku. 
2. Karena sakit hati, mata kita bisa mengidap.
Mazmur 31:9. Kasihanilah aku, ya TUHAN, sebab aku merasa sesak; karena sakit hati mengidaplah mataku, meranalah jiwa dan tubuhku. 
Mazmur 6:8 Mataku mengidap karena sakit hati, rabun karena semua lawanku. 
3. Mencari keuntungan dengan mengorbankan sahabat dan kepedihan hati bisa menyebabkan mata kabur.
Ayub 17:5 Barangsiapa mengadukan sahabatnya untuk mencari keuntungan, mata anak-anaknya akan menjadi rabun. 
Ayub 17:7 Mataku menjadi kabur karena pedih hati, segala anggota tubuhku seperti bayang-bayang. 
4. Kebutaan bisa disebabkan oleh
a. Memberontak kepada Tuhan, tidak melakukan perintah Tuhan

Ulangan 28:15. "Tetapi jika engkau tidak mendengarkan suara TUHAN, Allahmu, dan tidak melakukan dengan setia segala perintah dan ketetapan-Nya, yang kusampaikan kepadamu pada hari ini, maka segala kutuk ini akan datang kepadamu dan mencapai engkau: 28 TUHAN akan menghajar engkau dengan kegilaan, kebutaan dan kehilangan akal, 29 sehingga engkau meraba-raba pada waktu tengah hari, seperti seorang buta meraba-raba di dalam gelap; perjalananmu tidak akan beruntung, tetapi engkau selalu diperas dan dirampasi, dengan tidak ada seorang yang datang menolong. 
b. Ibadah hanya dengan mulut tanpa disertai hati bisa membuat kebutaan.

Yesaya 29:9. Tercengang-cenganglah, penuh keheranan, biarlah matamu tertutup, buta semata-mata! Jadilah mabuk, tetapi bukan karena anggur, jadilah pusing, tetapi bukan karena arak! 13 Dan Tuhan telah berfirman: "Oleh karena bangsa ini datang mendekat dengan mulutnya dan memuliakan Aku dengan bibirnya, padahal hatinya menjauh dari pada-Ku, dan ibadahnya kepada-Ku hanyalah perintah manusia yang dihafalkan, 
c. Dosa dan tidak mau mendengarkan Tuhan bisa membuat kita buta .

Yesaya 42:18. Dengarkanlah, hai orang-orang tuli pandanglah dan lihatlah, hai orang-orang buta! 19 Siapakah yang buta selain dari hamba-Ku, dan yang tuli seperti utusan yang Kusuruh? Siapakah yang buta seperti suruhan-Ku dan yang tuli seperti hamba TUHAN? 24 Siapakah yang menyerahkan Yakub untuk dirampas, dan Israel kepada penjarah? Bukankah itu TUHAN? Sebab kepada-Nya kita telah berdosa, dan orang tidak mau mengikuti jalan yang telah ditunjuk-Nya, dan kepada pengajaran-Nya orang tidak mau mendengar. 
d. Kebutaan juga bisa disebabkan oleh kegagalan kita untuk memakai akal budi.

Mazmur 94:8 Perhatikanlah, hai orang-orang bodoh di antara rakyat! Hai orang-orang bebal, bilakah kamu memakai akal budimu? 9 Dia yang menanamkan telinga, masakan tidak mendengar? Dia yang membentuk mata, masakan tidak memandang? 
e. Penyembahan berhala juga bisa mengakibatkan kebutaan.

Mazmur 115:4 Berhala-berhala mereka adalah perak dan emas, buatan tangan manusia, 5 mempunyai mulut, tetapi tidak dapat berkata-kata, mempunyai mata, tetapi tidak dapat melihat, 6 mempunyai telinga, tetapi tidak dapat mendengar, mempunyai hidung, tetapi tidak dapat mencium, 7 mempunyai tangan, tetapi tidak dapat meraba-raba, mempunyai kaki, tetapi tidak dapat berjalan, dan tidak dapat memberi suara dengan kerongkongannya. 8 Seperti itulah jadinya orang-orang yang membuatnya, dan semua orang yang percaya kepadanya. 
f. Kekerasan hati akan mengakibatkan mata melekat tertutup atau buta.
Yesaya 6:10 Buatlah hati bangsa ini keras dan buatlah telinganya berat mendengar dan buatlah matanya melekat tertutup, supaya jangan mereka melihat dengan matanya dan mendengar dengan telinganya dan mengerti dengan hatinya, lalu berbalik dan menjadi sembuh." 


Baca juga penyebab sakit kepala dalam Kitab Suci di sini!

Amazon book:
Sickness and Divine Healing: What the Bible Really Teaches


Tidak ada komentar:

Posting Komentar