Selasa, 11 Januari 2011

Merencanakan Masa Depan

Masa depan yang lebih cerah tersedia bagi orang yang merencanakannya. Kalau kita tidak mempersiapkan masa depan sebenarnya kita sedang mempersiapkan diri untuk gagal. Itu sebabnya sangat penting bagi kita untuk membuat perencanaan 1 bulan ke depan, 1 tahun ke depan, bahkan 10 tahun ke depan. Kita perlu mempunyai perencanaan yang matang sejak dari sekarang ini supaya kita bisa membuat pilihan yang benar menuju masa depan yang gilang-gemilang.


Sebuah survei membuktikan bahwa: orang yang sukses adalah orang yang membuat perencanaan.

  • 27% orang Amerika tidak membuat perencanaan sama sekali dalam hidup mereka
  • 60% yang lain hanya membuat perencanaan dalam keuangan saja, tidak dalam hal lainnya
  • 10% orang Amerika pernah berbicara serius tentang m,asa depan mereka
  • dan hanya 3% orang Amerika yang merencanakan hidup mereka secara detail, menuliskannya, dan menetapkan target-target yang harus mereka capai.

Hasilnya adalah:

  • hampir 100% dari orang Amerika yang tidak punya perencanaan sama sekali dalam hidup mereka hidupnya ada dalam kemiskinan
  • 60% orang yang merencanakan keuangannya agak sukses dalam keuangan mereka
  • 10% orang yang secara serius berbicara tentang masa depan mereka menjadi orang yang sukses
  • dan 3% orang yang membuat perencanaan dan target-target tertulis menjadi orang yang sangat sukses.

Survei itu menemukan  bahwa orang yang masuk dalam kategori sukses dan sangat sukses memiliki tingkat pendidikan dan talenta yang relatif sama. Yang membuat perbedaan adalah bahwa yang satu merencanakan dan menuliskan visinya, sedangkan yang lain hanya merencanakan saja tanpa menuliskannya.

Oleh karena itu kita perlu mengambil waktu yang cukup untuk membuat perencanaan dan menentukan target-target di tahun 2011 ini. Mengapa perlu membuat target? Memiliki target membuat kita lebih bisa fokus.

Amsal 29:18a mengatakan bahwa: Bila tidak ada wahyu, menjadi liarlah rakyat.

Tidak ada wahyu, tidak adanya visi, membuat rakyat kacau. Tidak ada visi membuat hidup tidak fokus. Sedangkan orang yang berhasil adalah orang yang hidupnya fokus. Semakin kuat fokus yang kita miliki, semakin besar dampak yang akan kita hasilkan. Hidup yang terfokus akan membuat kita menjadi orang yang beruntung.

Bagaimana kita menentukan target tahun 2011?
1. Lakukan evaluasi bagaimana posisi kita saat ini.
2. Tetapkan target dengan spesifik dengan cara bertanya kepada Tuhan melalui saat-saat pribadi dengan Tuhan dan juga berkonsultasi dengan orang yang tepat.
3. Serahkanlah hidup kita kepada Tuhan sebab ketika kita menyerahkan hidup kita kepada Tuhan, maka terlaksanalah rencana kita.

Mari kita mulai membuat target dan perencanaan untuk tahun 2011 sehingga kita bisa mengalami anugerah Tuhan yang sangat besar dalam hidup kita.

Lihat juga Pengenalan akan Yahwe dan kemuliaan yang dijanjikan!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar