Kamis, 13 Januari 2011

Syukur atas Karunia Keselamatan

Kisah 13:48 Mendengar itu bergembiralah semua orang yang tidak mengenal Allah dan mereka memuliakan firman Tuhan; dan semua orang yang ditentukan Yahwe untuk hidup yang kekal, menjadi percaya. 

"Semua yang ditentukan Yahwe untuk hidup kekal" frase ini menyatakan bahwa apa yang telah kita terima sampai sekarang ini, terutama karunia keselamatan dan iman kepada Yesus Kristus, adalah sesuatu yang benar-benar harus kita syukuri. Hanya atas kemurahan Tuhan sajalah kalau sekarang ini kita menjadi orang yang beriman dan beroleh karunia keselamatan.

Di sini juga menjadi jelas bahwa usaha manusia adalah nomor dua, atau bahkan mungkin tidak perlu, untuk menjadi orang percaya. Semua adalah karena penentuan Tuhan.

Dalam kisah ini rasul Paulus memberitakann keselamatan, pertama-tama kepada orang-orang Yahudi, tetapi mereka menolak. Kemudian kepada orang-orang non-Yahudi, dan mereka menjadi percaya. 2 ayat sebelumnya (46-47):


Kisah 13:46 Tetapi dengan berani Paulus dan Barnabas berkata: "Memang kepada kamulah firman Allah harus diberitakan lebih dahulu, tetapi kamu menolaknya dan menganggap dirimu tidak layak untuk beroleh hidup yang kekal. Karena itu kami berpaling kepada bangsa-bangsa lain. 47 Sebab inilah yang diperintahkan kepada kami: Aku telah menentukan engkau menjadi terang bagi bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah, supaya engkau membawa keselamatan sampai ke ujung bumi."


Maka patutlah kita bersyukur bahwa Tuhan telah mengutus hambanya yang setia kepada kita untuk mewartakan keselamatan yang sekarang sudah kita terima. Dan sudah semestinya kalau kita juga meneruskan pewartaan janji keselamatan itu kepada orang-orang di sekitar kita dan berdoa agar Tuhan juga memilih mereka untuk diselamatkan.

Lihat juga Kepastian keselamatan dan keberanian bersaksi!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar