Minggu, 10 April 2011

Nikmatilah Hidup Anda (1): Bersyukur atas apa yang sudah kita capai

Bersyukur atas apa yang sudah kita capai


Yesus mengucap syukur atas makanan yang ada
Yesus mengucap syukur
Markus 8:5 Yesus bertanya kepada mereka: "Berapa roti ada padamu?" Jawab mereka: "Tujuh." 6 Lalu Ia menyuruh orang banyak itu duduk di tanah. Sesudah itu Ia mengambil ketujuh roti itu, mengucap syukur, memecah-mecahkannya dan memberikannya kepada murid-murid-Nya untuk dibagi-bagikan, dan mereka memberikannya kepada orang banyak. 7 Mereka juga mempunyai beberapa ikan, dan sesudah mengucap berkat atasnya, Ia menyuruh supaya ikan itu juga dibagi-bagikan. 8 Dan mereka makan sampai kenyang. Kemudian orang mengumpulkan potongan-potongan roti yang sisa, sebanyak tujuh bakul. 


Waktu hidup manusia sangat singkat
Hidup itu sementara
Yakobus 4:13 Jadi sekarang, hai kamu yang berkata: "Hari ini atau besok kami berangkat ke kota anu, dan di sana kami akan tinggal setahun dan berdagang serta mendapat untung", 4 sedang kamu tidak tahu apa yang akan terjadi besok. Apakah arti hidupmu? Hidupmu itu sama seperti uap yang sebentar saja kelihatan lalu lenyap. 15 Sebenarnya kamu harus berkata: "Jika Tuhan menghendakinya, kami akan hidup dan berbuat ini dan itu." 

Di mana hartamu berada di situ hatimu berada
Matius 6:19. "Janganlah kamu mengumpulkan harta di bumi; di bumi ngengat dan karat merusakkannya dan pencuri membongkar serta mencurinya. 20 Tetapi kumpulkanlah bagimu harta di sorga; di sorga ngengat dan karat tidak merusakkannya dan pencuri tidak membongkar serta mencurinya. 21 Karena di mana hartamu berada, di situ juga hatimu berada. 24 Tak seorangpun dapat mengabdi kepada dua tuan. Karena jika demikian, ia akan membenci yang seorang dan mengasihi yang lain, atau ia akan setia kepada yang seorang dan tidak mengindahkan yang lain. Kamu tidak dapat mengabdi kepada Yahwe dan kepada Mamon." 

Lakukan segala sesuatu dengan bersyukur
Bersyukur
Kolose 3:15 Hendaklah damai sejahtera Kristus memerintah dalam hatimu, karena untuk itulah kamu telah dipanggil menjadi satu tubuh. Dan bersyukurlah. 16 Hendaklah perkataan Kristus diam dengan segala kekayaannya di antara kamu, sehingga kamu dengan segala hikmat mengajar dan menegur seorang akan yang lain dan sambil menyanyikan mazmur, dan puji-pujian dan nyanyian rohani, kamu mengucap syukur kepada Yahwe di dalam hatimu. 17 Dan segala sesuatu yang kamu lakukan dengan perkataan atau perbuatan, lakukanlah semuanya itu dalam nama Tuhan Yesus, sambil mengucap syukur oleh Dia kepada Yahwe, Bapa kita. 

Mengucap syukur senantiasa
1 Tesalonika 5:18 Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Yahwe di dalam Kristus Yesus bagi kamu.

Bersukacita karena Tuhan

Daud menari bersukacita

Mazmur 37:1. Dari Daud. Jangan marah karena orang yang berbuat jahat, jangan iri hati kepada orang yang berbuat curang; 2 sebab mereka segera lisut seperti rumput dan layu seperti tumbuh-tumbuhan hijau. 3 Percayalah kepada TUHAN dan lakukanlah yang baik, diamlah di negeri dan berlakulah setia, 4 dan bergembiralah karena TUHAN; maka Ia akan memberikan kepadamu apa yang diinginkan hatimu. 5 Serahkanlah hidupmu kepada TUHAN dan percayalah kepada-Nya, dan Ia akan bertindak; 6 Ia akan memunculkan kebenaranmu seperti terang, dan hakmu seperti siang. 

Dari semua kutipan Kitab Suci di atas kita belajar bahwa kita harus menikmati hidup ini. Hidup kita itu singkat dan kita harus menikmati hidup yang telah dikaruniakan Tuhan bagi kita. Dan dari semua kutipan tersebut, ada 2 kata kunci: syukur dan sukacita atau bergembira.

Dari semua kutipan di atas, kita belajar 3 hal agar bisa menikmati hidup kita. Untuk postingan kali ini, kita akan belajar poin pertama: Bersyukur atas apa yang sudah kita capai.


a. Dalam mencapai visi hidup kita, kita harus bersyukur atas apa yang sudah kita capai. 
Kita seringkali terlalu fokus mengejar visi dan impian dalam hidup kita, sehingga kita lupa bersyukur kepada Tuhan atas apa yang sudah kita capai. Akibatnya, mungkin kita bisa mencapai visi dan impian kita, tetapi kita tidak bisa menikmati kehidupan yang bahagia (Pengkhotbah 6:2 orang yang dikaruniai Yahwe kekayaan, harta benda dan kemuliaan, sehingga ia tak kekurangan suatupun yang diingininya, tetapi orang itu tidak dikaruniai kuasa oleh Yahwe untuk menikmatinya, melainkan orang lain yang menikmatinya! Inilah kesia-siaan dan penderitaan yang pahit.)

b. Oleh karena itu, kita perlu belajar bersyukur atas apa yang sudah kita capai/dapatkan
Dalam Perjanjian Lama, setiap kali panen, umat Yahwe harus merayakan di hadapan Tuhan dengan sukacita sebagai tanda ucapan syukur. Tuhan Yesus juga bersyukur atas roti yang Ia dapatkan (Markus 8:6)

c. Bersyukur atas apa yang sudah kita capai adalah kunci kebahagiaan
Terima kasih Tuhan
Kunci kebahagiaan dalam hidup ini sebenarnya sederhana saja: yaitu: bisa bersyukur atas apa yang sudah kita capai. Kalau kita bisa bersyukur, maka kita bisa menikmati apa yang sudah Tuhan berikan. Jangan terlalu fokus mengejar apa yang belum ada tetapi belajarlah mensyukuri apa yang sudah kita capai. Betul, kita harus berjuang keras untuk mencapai impian kita, namun kemudian kita harus mulai belajar untuk menikmati perjalanan hidup yang sudah kita lalui, kemenangan-kemenangan yang sudah Tuhan berikan, berkat-berkat yang sudah kita terima. Ketika kita bisa mengucap syukur atas apa yang sudah kita capai, kita akan menemukan bahwa hidup kita indah dan menyenangkan.



Baca juga:
Syukur kepada-Mu Tuhan
Muliakanlah Tuhan dengan hartamu

Read Amazon Books:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar