Minggu, 10 April 2011

Nikmatilah Hidup Anda (2): Hargai momen berkualias dalam hidup Anda

Hargai momen berkualias dalam hidup Anda


Pada bagian sebelumnya kita telah belajar bersyukur atas apa yang sudah kita capai agar kita bisa menikmati hidup kita. Setelah kita bisa bersyukur atas apa yang sudah kita capai, kita akan lebih bisa  menghargai momen berkualitas, sebagai bagian kedua agar kita bisa menikmati hidup kita yang sementara ini. 


Untuk bisa menghargai momen berkualitas ini, ada tiga hal yang patut kita ingat:


Hidup itu sementara
a. Hidup manusia itu sementara, seperti uap yang sebentar ada, tapi begitu cepat lenyap tidak berbekas. 
Yakobus 4:13 Jadi sekarang, hai kamu yang berkata: "Hari ini atau besok kami berangkat ke kota anu, dan di sana kami akan tinggal setahun dan berdagang serta mendapat untung", 4 sedang kamu tidak tahu apa yang akan terjadi besok. Apakah arti hidupmu? Hidupmu itu sama seperti uap yang sebentar saja kelihatan lalu lenyap. 15 Sebenarnya kamu harus berkata: "Jika Tuhan menghendakinya, kami akan hidup dan berbuat ini dan itu." 
Kutipan dari Yakobus ini berbicara tentang waktu. Agar kita bisa menikmati perjalanan hidup kita, kita perlu menghargai waktu yang berkualitas bersama dengan Tuhan dan orang-orang yang kita kasihi. Hal ini penting karena kesempatan itu tidak selalu ada selamanya. Masa kanak-kanak hanya berlangsung sekali dalam hidup. Masa remaja juga hanya sekali. Hargai setiap momen hidup Anda: masa muda, masa awal pernikahan, masa merawat bayi, masa anak-anak kita membutuhkan pendampingan belajar.


Waktu Berkualitas
b. Prioritaskan waktu bagi keluarga dan orang-orang yang Anda kasihi.
Sadarilah bahwa ada hal-hal tertentu dalam hidup ini yang tidak dapat kita ulang lagi. Anak-anak kita hanya akan ada di usia mereka sekarang ini sekali saja seumur hidup Anda. Mungkin sekarang kita sangat direpotkan oleh anak-anak kita, namun ingatlah bahwa sebentar lagi mereka sudah tidak akan mau merepotkan Anda. Jadi nikmatilah momen penting dalam hidup Anda. Jangan sia-siakan waktu berharga bersama dengan orang-orang yang kita kasihi. 


c. Kita harus menghargai momen berkualitas kita bersama dengan Tuhan.
Ingat bahwa hidup kita tidak hanya di dunia ini saja, namun juga di dunia yang akan datang. Oleh sebab itu kita perlu menginvestasikan waktu, tenaga, pikiran, keuangan kita bukan hanya di dunia ini saja, tapi juga kumpulkanlah harta kita yang di surga. 
Waktu berkualitas bersama Tuhan
Matius 6:19. "Janganlah kamu mengumpulkan harta di bumi; di bumi ngengat dan karat merusakkannya dan pencuri membongkar serta mencurinya. 20 Tetapi kumpulkanlah bagimu harta di sorga; di sorga ngengat dan karat tidak merusakkannya dan pencuri tidak membongkar serta mencurinya. 21 Karena di mana hartamu berada, di situ juga hatimu berada. 24 Tak seorangpun dapat mengabdi kepada dua tuan. Karena jika demikian, ia akan membenci yang seorang dan mengasihi yang lain, atau ia akan setia kepada yang seorang dan tidak mengindahkan yang lain. Kamu tidak dapat mengabdi kepada Yahwe dan kepada Mamon." 


Kalau kita hanya mengumpulkan harta di dunia ini saja, suatu saat kita akan kehilangan semuanya. Tapi kalau kita mengumpulkan harta kita di sorga, maka apa yang kita kumpulkan di sorga bersifat kekal dan tidak akan hilang. Mari kita berinvestasi untuk harta di sorga. Bagaimana kita menginvestasikan harta surgawi? Dengan menginvestasikan waktu, tenaga, hati, pikiran, keuangan kita pada hal-hal yang bersifat kekal. Doakan orang-orang yang Anda kasihi yang belum mengenal kebenaran dan ajak mereka mengenal Tuhan.


Kita bisa menikmati perjalanan hidup kita ketika kita memastikan bahwa hidup kita berguna bagi orang-orang yang kita kasihi maupun bagi Tuhan.  


Bersukacita karena Tuhan


Daud menari bersukacita
Mazmur 37:1. Dari Daud. Jangan marah karena orang yang berbuat jahat, jangan iri hati kepada orang yang berbuat curang; 2 sebab mereka segera lisut seperti rumput dan layu seperti tumbuh-tumbuhan hijau. 3 Percayalah kepada TUHAN dan lakukanlah yang baik, diamlah di negeri dan berlakulah setia, 4 dan bergembiralah karena TUHAN; maka Ia akan memberikan kepadamu apa yang diinginkan hatimu. 5 Serahkanlah hidupmu kepada TUHAN dan percayalah kepada-Nya, dan Ia akan bertindak; 6 Ia akan memunculkan kebenaranmu seperti terang, dan hakmu seperti siang. 

Baca juga: 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar