Minggu, 03 Juli 2011

Kita Kuat Karena Yahwe Menopang: Belajar dari Yesaya 40


Yesaya 40:31 tetapi orang yang menanti-nantikan YAHWE akan mendapat kekuatan baru: mereka seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya; mereka berlari dan tidak menjadi lesu, mereka berjalan dan tidak menjadi lelah.

Firman-Mu hari ini meneguhkan akan kuasa, kekuatan, dan kebesaran-Mu Yahwe, dibandingkan dengan kelemahan kami umat-Mu dan "kebesaran" dunia yang tiada artinya di hadapan-Mu. Namun Engkau juga memperlihatkan dan meneguhkan kesanggupan-Mu untuk menolong umat-Mu yang menanti-nantikan Engkau.

Terimakasih Yahwe atas kasih karunia-Mu. Engkau telah mengampuni kesalahan umat-Mu dan menginginkan supaya umat-Mu terhibur dan tenang hatinya (Yesaya 40:1-2) dan supaya umat-Mu bertobat  (Yesaya 40:3-4) agar kemuliaan-Mu dinyatakan kepada seluruh umat manusia (Yesaya 40:5).

Kami menjadi tahu Yahwe bahwa kami ini hanyalah seperti rumput kering dan kesemarakan kami hanyalah seperti bunga di padang yang hanya sebentar saja. Namun kami juga menjadi tahu bahwa kami harus berpegang kepada firman-Mu karena betapa penting dan dahsyatnya firman-Mu yang kekal dan tetap untuk selamanya (Yesaya 40:6-8).

Engkau ingin agar umat-Mu mewartakan agar dunia mengetahui bahwa Engkau adalah Yahwe yang datang dengan kekuatan dan bahwa tangan-Mu berkuasa (Yesaya 40:9-10), bahwa Engkau sanggup melindungi dan mengasihi umat-Mu seperti seorang Gembala yang memangku anak domba dan menuntun induknya (Yesaya 40:11).

Engkau ingin dunia mengetahui bahwa tiada Tuhan selain Engkau, bahwa Engkau tidak tertandingi (Yesaya 40:12-30), bahwa Engkau adalah Yahwe yang besar, bangsa-bangsa hanyalah seperti setitik air dan pulau-pulau seperti abu halus di hadapan-Mu (Yesaya 40:15). Engkaulah yang menciptakan bumi (ayat 28) dan bertahta di atas bulatan bumi (22). Tidak seperti manusia, yang paling perkasa sekalipun (30), Engkau tidak menjadi lelah dan tidak menjadi lesu (28), memberi kekuatan kepada yang lemah dan semangat kepada yang tiada berdaya (29).

Yesaya 40:31 tetapi orang yang menanti-nantikan YAHWE akan mendapat kekuatan baru: mereka seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya; mereka berlari dan tidak menjadi lesu, mereka berjalan dan tidak menjadi lelah.


Baca juga:
Yahwe kekuatanku
Tuhanlah perisaiku
Pengenalan akan Yahwe

1 komentar:

  1. ALKITAB YESAYA 40 12-31
    Satria Piningit Atas Nama Allah
    *40:20 Orang yang mendirikan arca, memilih kayu yang tidak lekas busuk, mencari tukang yang ahli untuk menegakkan patung yang tidak lekas goyang.
    *40:19 Patungkah? Tukang besi menuangnya, dan pandai emas melapisinya dengan emas, membuat rantai-rantai perak untuknya.
    *40:17 Segala bangsa seperti tidak ada di hadapan TUHAN mereka dianggap hampa dan sia-sia saja.
    *40:15 Sesungguhnya, bangsa adalah seperti setitik air dalam timba dan dianggap seperti sebutir debu pada neraca. Sesungguhnya, pulau tidak lebih dari abu halus beratnya.
    *40:24 Baru saja mereka ditanam, baru saja mereka ditaburkan, baru saja cangkok mereka berakar di dalam tanah, sudah juga angin bertiup kepada mereka, sehingga mereka kering dan diterbangkan oleh badai seperti jerami.
    *40:12 Siapa yang menakar air laut dengan lekuk tangan dan mengukur langit dengan jengkal, menyukat debu tanah dengan takaran, menimbang gunung dengan dacing, atau bukit dengan neraca?
    *40:27 Mengapakah engkau berkata demikian hai manusia, dan berkata begini hai Indonesia,:" Hidupku tersembunyi dari TUHAN, dan hakku tidak diperhatikan Allahku?"
    *40:16 Indonesia tidak mencukupi bagi kayu api dan margasatwanya tidak mencukupi bagi korban bakaran.
    *40:28 Tidakkah kau tahu, dan tidakkah kau dengar? Allah ialah TUHAN kekal yang menciptakan bumi dari ujung ke ujung;
    *40:21 Tidakkah kamu tahu? Tidakkah kamu dengar? Tidakkah diberitahukan kepadamu dari semula? Tidakkah kamu mengerti dari sejak dasar bumi diletakkan?
    *40:14 Kepada siapa Satria Piningit meminta nasihat untuk mendapat pengertian, dan siapa yang mengajar Satria Piningit untuk menjalankan keadilan, atau siapa mengajar Satria Piningit pengetahuan dan memberi Satria Piningit petunjuk supaya Satria Piningit bertindak dengan pengertian?
    *40:13 Siapa yang dapat mengatur Roh TUHAN atau memberi petunjuk kepada Satria Piningit sebagai penasihat?
    *40:18 Jadi dengan siapa hendak kamu samakan Allah, dan siapa yang dapat kamu anggap serupa dengan Satria Piningit?
    *40:25 Dengan siapa hendak kamu samakan Satria Piningit, seakan Satria Piningit seperti firman TUHAN Yang Mahakudus.
    *40:22 Satria Piningit yang bertakhta di atas bulatan bumi yang penduduknya seperti belalang; TUHAN yang membentangkan langit seperti kain dan Satria Piningit memasang seperti kemah kediaman!
    *40:23 Satria Piningit yang membuat pembesar menjadi tidak ada dan yang menjadikan hakim dunia sia-sia saja!
    -40:26 Arahkanlah mata ke langit dan lihatlah: siapa yang menciptakan semua bintang itu dan suruh segenap tentara mereka keluar, sambil memanggil nama mereka sekalian? Satupun tiada yang tak hadir, oleh sebab TUHAN maha kuasa dan maha kuat.
    *40:28 Satria Piningit tidak menjadi lelah dan tidak menjadi lesu, tidak terduga pengertian Satria Piningit.
    *40:30 Orang muda menjadi lelah dan lesu dan teruna-teruna jatuh tersandung,
    *40:29 Satria Piningit memberi kekuatan kepada yang lelah dan menambah semangat kepada yang tiada berdaya
    -40:31 tetapi orang yang menantikan Satria Piningit mendapat kekuatan baru mereka seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayap; mereka berlari dan tidak menjadi lesu, berjalan dan tidak menjadi lelah.

    BalasHapus