Selasa, 29 Januari 2013

Yeshua Gembala yang Baik

Akulah gembala yang baik. Gembala yang baik memberikan nyawanya bagi domba-dombanya; ... Akulah gembala yang baik dan Aku mengenal domba-domba-Ku dan domba-domba-Ku mengenal Aku
sama seperti Bapa mengenal Aku dan Aku mengenal Bapa, dan Aku memberikan nyawa-Ku bagi domba-domba-Ku. Ada lagi pada-Ku domba-domba lain, yang bukan dari kandang ini; domba-domba itu harus Kutuntun juga dan mereka akan mendengarkan suara-Ku dan mereka akan menjadi satu kawanan dengan satu gembala. Bapa mengasihi Aku, oleh karena Aku memberikan nyawa-Ku untuk menerimanya kembali.
(Yohanes 10:11, 14-17)

Daud gembala domba yang baik
Yeshua adalah gembala yang baik. Dia mengenal doma-doma-Nya, mengenal kita, mengenal saya. Dia memberikan nyawa-Nya untuk domba-domba-Nya, untuk kita, untuk saya. Ya, Yeshua adalah gembala yang baik.

Lalu kita sebagai domba, apa yang harus kita lakukan:
1. mendengarkan suara-Nya dan panggilan-Nya: Yohanes 10:3 Untuk dia penjaga membuka pintu dan domba-domba mendengarkan suaranya dan ia memanggil domba-dombanya masing-masing menurut namanya dan menuntunnya ke luar. Yohanes 10:27 Domba-domba-Ku mendengarkan suara-Ku dan Aku mengenal mereka dan mereka mengikut Aku,
2. mengikuti di belakang Gembala: Yohanes 10:4 Jika semua dombanya telah dibawanya ke luar, ia berjalan di depan mereka dan domba-domba itu mengikuti dia, karena mereka mengenal suaranya. Yohanes 10:27  Aku mengenal mereka dan mereka mengikut Aku,
3. tidak mengikuti orang asing: Yohanes 10:5 Tetapi seorang asing pasti tidak mereka ikuti, malah mereka lari dari padanya, karena suara orang-orang asing tidak mereka kenal.
4. masuk melalui Pintu dan tidak mengikuti pencuri: Yohanes 10:9 Akulah pintu; barangsiapa masuk melalui Aku, ia akan selamat dan ia akan masuk dan keluar dan menemukan padang rumput. 
5. tidak mengikuti pencuri: Yohanes 10:10 Pencuri datang hanya untuk mencuri dan membunuh dan membinasakan; Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan.

Dan sebagai hadiahnya, YAHWE memberikan janji-janji berikut ini kepada domba yang setia dan mengikuti Gembalanya:
1. hidup yang kekal: Yohanes 10:28 Aku memberikan hidup yang kekal kepada mereka dan mereka pasti tidak akan binasa sampai selama-lamanya dan seorangpun tidak akan merebut mereka dari tangan-Ku.
2. menjadi satu kawanan dengan Gembala dan tak seorang pun bisa merebut kita dari-Nya: Yohanes 10:29   Bapa-Ku, yang memberikan mereka kepada-Ku, lebih besar dari pada siapapun, dan seorangpun tidak dapat merebut mereka dari tangan Bapa.
3. memiliki hidup dalam segala kelimpahan: Yohanes 10:10 Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan.


Peran Yeshua sebagai Gembala sebelumnya telah diwahyukan kepada Daud ketika Daud menggambarkan YAHWE sebagai Gembala sebagaimana tertulis dalam Mazmur 23

TUHAN adalah gembalaku, seru Daud,
dan ia yakin: takkan kekurangan aku.
Ia membaringkan aku di padang yang berumput hijau, 
Ia membimbing aku ke air yang tenang;
Ia menyegarkan jiwaku. 

Ia menuntun aku di jalan yang benar oleh karena nama-Nya.
Sekalipun aku berjalan dalam lembah kekelaman, aku tidak takut bahaya, sebab Engkau besertaku; 

gada-Mu dan tongkat-Mu, itulah yang menghibur aku.
Engkau menyediakan hidangan bagiku, di hadapan lawanku; 

Engkau mengurapi kepalaku dengan minyak; pialaku penuh melimpah.
Kebajikan dan kemurahan belaka akan mengikuti aku, seumur hidupku; 

dan aku akan diam dalam rumah TUHAN sepanjang masa. 

Daud dengan sangat indah menggambarkan hubungannya dengan YAHWE seperti seorang doma dan Gembala. Sekali lagi kita baca Mazmur 23 ini, amat sangat indah dan mengagumkan:

YAHWE-lah Gembalaku
aku takkan kekurangan 
YAHWE membaringkan aku di padang rumput yang hijau

Seorang domba di padang rumput yang hijau ... betapa senangnya. Makanan tersedia baginya, melimpah. Itulah bagiamana Daud menggambarkan berkat YAHWE bagi hidupnya. Ia yakin hidupnya takkan berkekurangan namun penuh dengan berkat YAHWE yang melimpah, seperti seekor domba yang dibawa gembala ke padang yang berumput hijau ... ia akan bisa makan sepuas-puasnya.

YAHWE membawaku ke air yang tenang
YAHWE menyegarkan jiwaku


YAHWE selalu memberikan kekuatan baru. Jiwa kita selalu segar, semangat hidup kita selalu menyala. YAHWE selalu memberikan kedamaian dan sukacita di dalam hati kita.

Ia menuntun aku di jalan yang benar oleh karena nama-Nya. 
Sekalipun aku berjalan dalam lembah kekelaman, aku tidak takut bahaya, sebab Engkau besertaku;
gada-Mu dan tongkat-Mu, itulah yang menghibur aku.
 

YAHWE menuntun dan membimbing kita agar selalu ada di jalan yang benar. Dia takkan pernah membiarkan kita tergelincir atau tersesat di dalam hidup kita. Bahkan saat hidup kita berada dalam tantangan besar atau bahkan bahaya, Dia selalu berada di samping kita, selalu melindungi kita. Kita selalu bisa mendapatkan penghiburan dan kekuatan dari-Nya.

Engkau menyediakan hidangan bagiku, di hadapan lawanku; 
Engkau mengurapi kepalaku dengan minyak; pialaku penuh melimpah.
Kebajikan dan kemurahan belaka akan mengikuti aku, seumur hidupku; 


Sebuah gambaran penyelenggaraan ilahi yang mengagumkan. Sebuah berkat yang terus mengalir dan memenuhi hidup kita. Itulah yang dirasakan Daud ketika ia membiarkan YAHWE menjadi gembalanya. Ia sendiri seorang gembala dan tahu bagaimana menjadi gembala yang baik bagi doma-dombanya. Ia berusaha melindungi dombanya dari serigala dan singa. Ia selalu mengusahakan agar dombanya mendapatkan makanan yang terbaik. Demikian pula, Daud merasakan YAHWE sebagai Gembalanya yang amat baik. YAHWEW selalu menyediakan berkat yang melimpah baginya, dan bagi kita yang menjadikan-Nya sebagai Gembala kita.

Sebab itu Daud membuat sebuah kesimpulan yang amat tepat:

Aku akan diam dalam rumah YAHWE seumur hidupku.



Baca juga:
Menjadi Domba yang Baik
YAHWE Adalah Gembalaku
Berkat bagi Orang yang Bergaul Akrab dengan YAHWE
YAHWE Sumber Berkat
4 Cara Lulus Ujian versi Hizkia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar