Selasa, 25 September 2012

Mengenal Mengetahui Dampak Kutuk dan Berkat

(dikutip dari Pendahuluan Mematahkan Belenggu Kutuk tulisan Marilyn Hickey, diterbitkan oleh Immanuel, 2003)

10 Kutuk yang menghambat Berkat berkat dan kutuk
Robert telah ditakdirkan untuk mengalami kegagalan. Ayahnya, yang terkenal keburukannya karena suka melacurkan perempuan, bunuh diri saat Robert berusia delapan tahun. Pada usianya yang keempat belas, Robert membentuk geng jalanannya yang dikenal suka melakukan tindak kejahatan kekerasan dan kebencian. Ketika berusia enam belas tahun, Robert dihukum dua tahun penjara karena tiga penembakan dan perampokan bersenjata dengan menggunakan mobil. Sehari sebelum ia masuk penjara, ibunya dibunuh oleh satu geng saingannya yang sedang membalas dendam. Ayah tirinya ditembak mati oleh geng yang sama tiga setengah bulan kemudian.

Saya yakin jika kita menyelidiki silsilah keluarga Robert, kita akan menemukan beberapa generasi keluarganya yang mungkin terperangkap dalam siklus perilaku yang cenderung merusak (destructive behavior) atau, seperti Robert, dilahirkan ke dalam keadaan itu. Kabar baiknya adalah, pada usia dua puluh tahun, Robert mendengar Berita Injil yang mengubah kehidupan dan perilakunya dengan menerima Kristus sebagai Tuhan dan Juru Selamat pribadinya. Kabar buruknya adalah, banyak sifat dalam keluarga-keluarga kita - penyakit, sikap, karakteristik tingkah laku - yang diturunkan dari generasi ke generasi dan hanya beberapa orang yang tahu cara mengubah kecenderungan merusak ini.

YAHWE ingin menyingkapkan sebab-sebab kegagalan dalam keluarga kita dan mencabut kutuk yang tampaknya tidak dapat dikalahkan tersebut sampai ke akar-akarnya. Sementara kita menemukan kebenaran firman YAHWE dan melaksanakannya dalam kehidupan pribadi kita, kita akan menegakkan suatu tradisi berkat bagi generasi-generasi masa kini dan masa depan kita - suatu kehidupan yang berkelimpahan, penuh kepuasan, dan kemenangan dalam Kristus - bagi anak-anak, cucu-cucu kita, dan generasi selanjutnya.

Ada dua sisi dari permasalahan yang sama:

Keluaran 20:5 Aku, YAHWE, Elohimmu, adalah Elohim  yang cemburu, yang membalaskan kesalahan bapa kepada anak-anaknya, kepada keturunan yang ketiga dan keempat dari orang-orang yang membenci Aku

Ulangan 7:9 Sebab itu haruslah kauketahui, bahwa YAHWE, Elohimmu, Dialah Elohim, Elohim yang setia, yang memegang perjanjian dan kasih setia-Nya terhadap orang yang kasih kepada-Nya dan berpegang pada perintah-Nya, sampai kepada beribu-ribu keturunan.

Apakah Anda ingin diberkati? Apakah Anda ingin anak-anak Anda diberkati? Tidak satu pun yang dapat menyentuh kehidupan Anda lebih mudah dibanding anak-anak Anda. Jika Anda memberikan tempat bagi Elohim dalam kehidupan Anda, Anda membuka diri Anda sendiri pada berkat-Nya. Tetapi jika Anda memberikan tempat kepada Iblis - atau jika Anda berada di bawah pengaruh suatu "kutuk keturunan" - Anda meminta supaya anak-anak Anda memasuki pengaruh kutuk yang sama, dan Iblis akan menelan mereka!

Kisah berikut ini adalah tentang dua keluarga Amerika yang menggambarkan kuasa kutuk keturunan.

Max Jukes adalah seorang ateis yang menikah dengan seorang wanita kafir (tidak mengenal Tuhan). Dari sekitar 560 orang keturunannya ditelusuri: 300 mati sebagai pengemis, 150 menjadi penjahat, 7 di antaranya pembunuh, 100 terkenal sebagai pemabuk, dan lebih dari setengah keturunannya yang perempuan adalah pelacur. Keturunan Max Jukes menyebabkan pemerintah Amerika Serikat merugi sekitar $1.25 juta dengan nilai dolar pada abad-19.

Jonathan Edwards adalah seorang yang hidup pada masa yang sama dengan MAx Jukes. Ia adalah seorang Kristen yang setia. Dia selalu mengutamakan Elohim dalam kehidupannya. Ia menikah dengan seorang wanita muda yang saleh, dan dari 1.394 orang keturunannya ditelusuri: 255 lulus dari universitas, di antaranya 13 orang menjadi rektor dan 65 orang profesor. 3 orang dipilih sebagai senator Amerika Serikat, 3 orang sebagai gubernur negara bagian, dan yang lainnya diutus ke negara-negara asing sebagai hamba-hamba Tuhan. 30 orang menjadi hakim, 100 orang pengacara negara bagian, 1 orang menjadi dekan sebuah sekolah tinggi hukum terkenal. 75 orang menjadi perwira angkatan bersenjata. 100 orang misionaris, pengkhotbah dan penulis terkenal. 80 orang lagi bekerja di beberapa kantor pemerintah, 3 di antaranya adalah walikota kota-kota besar, 1 adalah seorang pengawas keuangan Departemen Keuangan Amerika Serikat, dan 1 orang lagi adalah wakil presiden Amerika Serikat. Tidak seorang pun keturunan keluarga Edwards yang memberikan kerugian kepada pemerintah!

Jika Anda mematuhi Elohim - melayani Dia, berdoa, hidup dalam firman-Nya, tetap setia kepada-Nya - anak-anak dan cucu-cucu Anda akan bertumbuh melayani Dia juga!

Ulangan 11:26-28 Lihatlah, aku memperhadapkan kepadamu pada hari ini berkat dan kutuk: berkat, apabila kamu mendengarkan perintah YAHWE, Elohimmu , yang kusampaikan kepadamu pada hari ini; dan kutuk, jika kamu tidak mendengarkan perintah YAHWE, Elohimmu, dan menyimpang dari jalan yang kuperintahkan kepadamu pada hari ini, dengan mengikuti allah lain yang tidak kamu kenal.

Ulangan 28:1-2 Jika engkau baik-baik mendengarkan suara YAHWE, Elohimmu, dan melakukan dengan setia segala perintah-Nya yang kusampaikan kepadamu pada hari ini, maka YAHWE, Elohimmu, akan mengangkat engkau di atas segala bangsa di bumi. Segala berkat ini akan datang kepadamu dan menjadi bagianmu, jika engkau mendengarkan suara YAHWE Elohimmu.

Baca juga:
Bagaimana Kutuk Bisa Datang ke dalam Hidup Kita?
Ada Setan di Gereja
Sang Pendakwa


Mengubah Kutuk menjadi Berkat Dari Kutuk kepada Berkat: Mematahkan Kutuk Keturunan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar