Kamis, 12 Juli 2012

Ada Setan di Gereja

Satan Inside the Church
Markus pasal 1 memperlihatkan hubungan yang menarik antara orang beriman dengan setan.Dari Markus pasal 1, setidaknya kita bisa belajar beberapa hal berikut ini mengenai setan.

Fakta mengenai setan
1. Pekerjaan setan:
  • Mencobai (ayat 13): “Di padang gurun itu Ia tinggal empat puluh hari lamanya, dicobai oleh Iblis.”
  • Mengganggu dan merasuki orang (ayat 23): “Pada waktu itu di dalam rumah ibadat itu ada seorang yang kerasukan roh jahat.”
  • Mengganggu orang yang sedang beribadat (ayat 23). (Berarti ada setan di Gereja?)

2. Setan kenal dengan Yesus
  • Ayat 24: “Apa urusanMu dengan kami, hai Yesus orang nazaret? Engkau datang hendak membinasakan kami? Aku tahu siapa Engkau: Yang Kudus dari Allah.”
  • Ayat 34: Ia tidak memperbolehkan setan-setan itu berbicara, sebab mereka mengenal Dia.

3. Tunduk dan kalah terhadap Yesus:
  • Ayat 26, 27: Roh jahat itu menggoncang-goncang orang itu, dan sambil menjerit dengan suara nyaring ia keluar dari padanya. Mereka semua takjub, sehingga mereka memperbincangkannya, katanya: “Apa ini? Suatu ajaran baru. Ia berkata-kata dengan kuasa. Roh-roh jahat pun diperintah-Nya dan mereka taat kepada-Nya.”

Sikap kita terhadap setan

1. Mengusir setan
  • ayat 25: “Tetapi Yesus menghardiknya, katanya: “Diam, keluarlah dari padanya!”
  • ayat 32: Menjelang malam, sesudah matahari terbenam, dibawalah kepada Yesus semua orang yang menderita sakit dan yang kerasukan setan.
  • Ayat 34: Ia menyembuhkan banyak orang yang menderita bermacam-macam penyakit dan mengusir banyak setan
  • Ayat 39: Lalu pergilah Ia ke seluruh Galilea dan memberitakan Injil dalam rumah-rumah ibadat mereka dan mengusir setan-setan.
Pelajaran:

Dari Markus 1 kita belajar bahwa menjadi tugas kita sehari-hari untuk mengusir setan. Mengusir setan? Setiap hari? Ya! Yesus ke mana pun Ia pergi, Ia menyembuhkan penyakit dan mengusir setan. Berarti kita pun sebagai pengikut Yesus, juga harus melakukan hal yang sama. Markus menegaskan hal ini dalam penutup Injilnya (Markus 16:17: “Tanda-tanda ini akan menyertai orang-orang yang percaya: mereka akan mengusir setan-setan demi nama-Keputusan”).

Kalau kita pengikut Kristus, berarti kita hidup di dalam Dia dan Ia hidup di dalam diri kita. Maka seperti yang dikatakan Yohanes (1 Yoh 2:6: “Barangsiapa mengatakan, bahwa ia ada di dalam Dia, ia wajib hidup sama seperti Kristus telah hidup”). Kita harus hidup seperti Kristus telah hidup, itu artinya kita juga harus menyembuhkan orang sakit dan mengusir setan.

Yang perlu kita ingat ketika berhadapan dengan setan adalah bahwa setan mengenal siapa itu Yesus. Setan tahu siapa Yesus dan kehebatan kuasa Yesus. Jadi ketika kita mengusir setan, usirlah dalam nama Yesus. Dengan menyebut nama Yesus, setan akan takut dengan kita dan akan tunduk pada kuasa Yesus.
Seperti dalam Filipi 2:9 Itulah sebabnya Allah sangat meninggikan Dia dan mengaruniakan kepada-Nya nama di atas segala nama, 2:10 supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi, 2:11 dan segala lidah mengaku: "Yesus Kristus adalah Tuhan," bagi kemuliaan Allah, Bapa!

Tetapi yang terpenting adalah bahwa Yesus harus benar-benar tinggal di dalam diri kita. Kalau tidak, bisa-bisa yang terjadi pada para tukang jampi Yahudi dalam Kisah Para Rasul 19:13-16, juga akan menimpa kita.

19:13. Juga beberapa tukang jampi Yahudi, yang berjalan keliling di negeri itu, mencoba menyebut nama Tuhan Yesus atas mereka yang kerasukan roh jahat dengan berseru, katanya: "Aku menyumpahi kamu demi nama Yesus yang diberitakan oleh Paulus." 
19:14 Mereka yang melakukan hal itu ialah tujuh orang anak dari seorang imam kepala Yahudi yang bernama Skewa. 
19:15 Tetapi roh jahat itu menjawab: "Yesus aku kenal, dan Paulus aku ketahui, tetapi kamu, siapakah kamu?"
19:16 Dan orang yang dirasuk roh jahat itu menerpa mereka dan menggagahi mereka semua dan mengalahkannya, sehingga mereka lari dari rumah orang itu dengan telanjang dan luka-luka.

Jadi, selalu undang Yesus untuk menjadi raja dalam hidup kita, dan wartakanlah kabar gembira, sembuhkanlah mereka yang sakit, dan usirlah setan. Dan nikmati hidup yang penuh dengan kemenangan dan berkelimpahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar