Selasa, 02 April 2013

Apa yang Tidak Bisa YAHWE Kerjakan?

Tuhan Kita Besar

“Sesungguhnya, Akulah YAHWE, Tuhan segala makhluk; adakah sesuatu apa pun yang mustahil untuk-Ku?” (Yeremia 32:27)

Seorang dosen senior di sebuah sekolah teologi duduk sebangku di sebuah kereta dengan seorang anak Sekolah Minggu. Ia ingin mengetes seberapa  jauh pengetahuan anak sekolah minggu itu tentang Tuhannya. “Jika engkau bisa memberitahuku apa yang bisa Tuhan kerjakan, aku akan memberimu sebutir apel,” godanya. Setelah berpikir sejenak, anak itu menjawab, “Jika Bapak bisa memberitahuku apa yang tidak bisa Tuhan kerjakan, aku akan memberi Bapak sekeranjang apel.”

YAHWE Maha Kuasa - Membelah Laut Merah
YAHWE Maha Kuasa - Membelah Laut Merah
Pintar juga anak sekolah minggu itu. Ia tahu bahwa Tuhan adalah Tuhan yang Maha Kuasa. Ia bisa melakukan segala perkara, bahkan hal yang tidak mungkin sekalipun. Tidak ada hal yang tidak bisa Tuhan kerjakan. Sejujurnya kita tahu bahwa Tuhan yang kita sembah adalah Tuhan yang besar dan sanggup melakukan segala perkara. Meski demikian, kita seringkali membatasi kuasa Tuhan dengan pikiran kita yang terbatas itu. Kita percaya bahwa Tuhan bisa menyembuhkan sakit flu kita, tapi bagaimana kalau kita mengidap penyakit yang dokter sendiri pun sudah angkat tangan? Kita percaya bahwa Tuhan bisa menutup hutang kita yang berkisar pada angka ratusan ribu, tapi bagaimana kalau hutang kita sudah mencapai puluhan juta? Kita percaya bahwa kerikil-kerikil yang ada di depan kita bisa disingkirkan oleh Tuhan, tapi bagaimana kalau yang menghadang kita adalah bongkahan batu masalah yang besar?  Dengan cara pandang kita yang seperti itu seolah-olah Tuhan akan mengeluarkan keringat dingin jika harus berhadapan dengan kanker. Seolah-olah Tuhan akan pusing dan harus menghabiskan beberapa miligram parasetamol untuk memikirkan masalah kita yang sudah sedemikian pelik. Seolah-olah Tuhan sudah siap-siap angkat tangan jika berurusan dengan kemustahilan. Lupakah kita bahwa Ia adalah YAHWE yang besar dan tidak ada sesuatu pun yang mustahil bagi-Nya?

Bagi Tuhan tidak ada sesuatu yang tidak mungkin! Apakah hari ini saudara harus berurusan dengan masalah pelik dan tekanan hidup yang berat? Jangan sampai hal ini membuat iman dan keyakinan kita kepada Tuhan menjadi kendor. Kuatkan dan teguhkan hati kita dan lihatlah bahwa kita memiliki Tuhan yang besar yang sanggup melakukan melampaui segala kemustahilan. Sesekali kita boleh mengingat kisah di atas dan berpikir sederhana, “Hal apakah yang tidak bisa Tuhan kerjakan?”




Baca juga:
Iman yang Menggoncang Dunia
Doa Radikal
Iman yang Berani
Meminta Percaya Menerima
Tuhan Bertindak Bukan Berdasarkan Kebutuhan Kita, Melainkan Iman Kita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar