Jumat, 18 Februari 2011

"Dilarang" Berbuat Baik

Hidup dalam tuntunan Roh
Hidup dalam Roh Kudus
Dalam Kisah Para Rasul beberapa kali terjadi di mana Roh Kudus "melarang" murid-murid untuk berbuat baik, dalam hal ini memberitakan Injil. Berikut ini contohnya:


Kisah Para Rasul 16:6-7. Mereka melintasi tanah Frigia dan tanah Galatia, karena Roh Kudus mencegah mereka untuk memberitakan Injil di Asia. Dan setibanya di Misia mereka mencoba masuk ke daerah Bitinia, tetapi Roh Yesus tidak mengizinkan mereka.


Dalam kutipan itu jelas bahwa mereka, para murid, yakni Paulus, Silas, dan Timotius, dilarang oleh Roh Kudus untuk memberitakan Injil di Asia dan di Bitinia. Tidak dijelaskan alasannya mengapa mereka tidak boleh ke daerah itu untuk memberitakan Injil. Tetapi yang jelas mereka dicegah atau tidak diizinkan.

Di sini kita belajar bahwa ketika orang Kristen hidup dalam tuntunan Roh, Roh akan membimbing kita dalam setiap langkah dan keputusan kita. Dan kadang, ketika menurut pandangan  kita, sebagai manusia, apa yang akan kita lakukan itu baik, bahkan untuk pekerjaan Tuhan, Roh Kudus tidak mengizinkan kita atau mencegah kita melakukannya. Jadi, apa yang baik dalam pandangan manusia, belum tentu berkenan di hati Tuhan, bahkan ketika kebaikan itu benar-benar akan kita lakukan untuk pekerjaan Tuhan.

Ketika kita memiliki hubungan yang intim dengan Tuhan, maka Tuhan akan menuntun langkah-langkah hidup kita. Dalam Kisah beberapa kali ditemukan bagaimana Roh Tuhan menuntun pekerjaan para rasul dan para murid dan para nabi di dalam pelayanan mereka. Dalam Kis 8:26-39 Roh Tuhan membimbing Filipus untuk menempuh jalan tertentu agar bertemu dengan sida-sida dari Etiopia yang rindu untuk mengenal Tuhan, untuk membaptisnya, dan kemudian Roh Tuhan bahkan membawa Filipus dalam sekejab ke tempat lain.

Hidup Menurut Roh Kudus
Dalam kisah pertobatan Saulus (Kis 9:10-17), Roh Tuhan juga menuntun Ananias untuk pergi ke rumah di mana Saulus berada untuk mendoakannya dan menyembuhkan matanya serta mencurahkan Roh Kudus dengan berdoa dan menumpangkan tangannya ke atas Saulus.

Roh Kudus juga melalui membimbing Petrus untuk membaptis Kornelius, seorang yang bukan Yahudi, dan melaluinya Roh Kudus juga tercurah kepada bangsa bukan Yahudi sehingga mereka juga berkata-kata dalam bahasa roh (Kis 10:1-48).

Milikilah hubungan yang intim dengan Roh Kudus dan biarlah hidupmu dituntun oleh-Nya dalam setiap langkahmu.


Baca juga: Hidup menurut Roh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar